ANALISA KOMPETENSI GERAKAN PMR MADYA
Kompetensi umum
|
Kompetensi
khusus
|
Kompetensi
pendukung
|
·
Memiliki
pemahaman tentang Gerakan
·
Memiliki
pemahaman tentang Prinsip Dasar Gerakan
·
Memiliki
pemahaman tentang ketentuan Lambang
·
Memiliki
pemahaman tentang Hukum Humaniter Internasional
·
Memiliki
pemahaman tentang organisasi PMI dan kegiatannya
·
Dapat menjadi
“peer support” (memberikan dukungan kepada teman sebaya untuk melakukan
perubahan perilaku hidup sehat)
|
·
Memiliki
pemahaman tentang latar belakang berdirinya Gerakan dan PMI dan kegiatannya
·
Memiliki
pemahaman tentang arti lambang
·
Memiliki
pemahaman tentang HHI
·
Memiliki
pemahaman tentang cakupan kegiatan PMR Madya
|
·
Memiliki
pengetahuan tentang pelanggaran HHI
|
ANALISA
TUJUAN BELAJAR GERAKAN PMR MADYA
No.
|
Tujuan Belajar |
Indikator
|
Materi
|
1
|
Memahami sejarah Gerakan
|
Dapat menjelaskan secara singkat tentang sejarah
gerakan
|
Gerakan Palang Merah dan
Bulan Sabit Merah Internasional
|
2
|
Memahami Prinsip Dasar Gerakan
|
Dapat menjelaskan Prinsip Dasar Gerakan
|
Prinsip Dasar Gerakan
|
3
|
Memahami
Lambang
|
Dapat menjelaskan lambang Gerakan
|
Lambang
|
4
|
Memahami prinsip dasar HHI
|
Dapat menjelaskan
pengetahuan dasar tentang HHI
|
HHI
|
5
|
Memahami latar belakang berdirinya PMI
|
Dapat menjelaskan sejarah PMI
|
PMI
|
6
|
Memahami
jenis kegiatan PMI
|
Dapat menjelaskan jenis kegiatan PMI dan peran PMR Madya
|
Peran PMR Madya
|
KURIKULUM GERAKAN PMR MADYA
Pokok Bahasan
|
Sub Pokok Bahasan
|
Tujuan Pembelajaran
|
Waktu
|
Metodologi
|
Media
|
Sumber Belajar / Referensi
|
Gerakan
|
Gerakan
|
·
Peserta dapat menjelaskan sejarah Gerakan
·
Peserta dapat menjelaskan komponen Gerakan serta
kegiatan spesifiknya
|
2 x 45
|
·
Ceramah
·
Tanya jawab
·
Diskusi
·
Simulasi
·
Penugasan
|
·
Flipchart
·
Spidol
·
Alat peraga
|
Buku Gerakan PMR Madya
|
Prinsip Dasar Gerakan
|
·
Prinsip Dasar Gerakan
|
·
Peserta dapat menjelaskan pengertian Prinsip Dasar Gerakan
·
Peserta dapat menjelaskan penerapan Prinsip Dasar
Gerakan
|
2 x 45’
|
·
Ceramah
·
Tanya jawab
·
Diskusi
·
Simulasi
·
Penugasan
|
·
Flipchart
·
Spidol
·
Alat peraga
|
Buku Gerakan PMR Madya
|
Lambang
|
·
Lambang
|
·
Peserta dapat menjelaskan lambang-lambang yang diakui
secara internasional
·
Peserta dapat menjelaskan aturan
penggunaan lambang
|
2 x 45’
|
·
Ceramah
·
Tanya jawab
·
Diskusi
·
Simulasi
·
Penugasan
|
·
Flipchart
·
Spidol
·
Alat peraga
|
Buku Gerakan PMR Madya
|
Hukum Humaniter
Internasional (HHI)
|
·
Sejarah dan aturan dasar hukum humaniter
·
Pengertian
konflik bersenjata
·
Pembatasan dalam konflik bersenjata: mengurangi
kehancuran dan mengurangi penderitaan
·
Aturan dari waktu ke waktu
|
·
Peserta dapat menjelaskan dua gagasan "Henry Dunant"
·
Peserta dapat menjelaskan pengertian konflik bersenjata
·
Peserta dapat menjelaskan mengapa diperlukan aturan
untuk konflik bersenjata dan sebagian dari aturan-aturan dasar hukum
humaniter internasional yang bertujuan untuk mengurangi penderitaan dan melindungi
martabat manusia.
·
Peserta dapat menjelaskan bahwa di berbagai tempat dan waktu, aturan
telah diciptakan untuk mengatur konflik bersenjata
|
3 x 45’
|
·
Ceramah
·
Tanya jawab
·
Diskusi
·
Simulasi
·
Penugasan
|
·
Flipchart
·
Spidol
·
Alat peraga
|
Buku Gerakan PMR Madya
|
PMI
|
PMI
|
·
Peserta dapat menjelaskan sejarah PMI
·
Peserta dapat menjelaskan kegiatan PMI
|
2 x 45’
|
·
Ceramah
·
Tanya jawab
·
Diskusi
·
Simulasi
·
Penugasan
|
·
Flipchart
·
Spidol
·
Alat peraga
|
Buku Gerakan PMR Madya
|
PMR Madya
|
·
Pengembangan karakter PMR Madya
·
Struktur PMR
·
Tri Bakti PMR
·
Peran PMR Madya
·
Hak dan kewajiban PMR Madya
|
·
Peserta dapat menjelaskan pengembangan karakter PMR
Madya
·
Peserta dapat menjelaskan struktur PMR dalam PMI
·
Peserta dapat menjelaskan cakupan Tri Bakti PMR dan
penerapannya untuk PMR Madya
·
Peserta dapat menjelaskan peran, hak dan kewajiban PMR
Madya
|
3 x 45’
|
·
Ceramah
·
Tanya jawab
·
Diskusi
·
Simulasi
·
Penugasan
|
·
Flipchart
·
Spidol
·
Alat peraga
|
Buku Gerakan PMR Madya
|
14 x 45’
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar