Senin, 21 Mei 2012

ACTION PLAN OSIS 2012

ACTION PLAN OSIS 2012

PROGRAM KERJA PMR DAN PROGRAM KERJA PRAMUKA
SMPN 1 KALIJATI


RENCANA AKSI (ACTION PLAN) PEMBINAAN KESISWAAN
SEKOLAH : ………………………..
TAHUN PELAJARAN 2012/2013







NO KOMPONEN PEMBINAAN RINCIAN KOMPONEN PEMBINAAN PROGRAM/KEGIATAN
I Pembinaan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa 1 Melaksanakan peribadatan sesuai dengan ketentuan agama masing-masing
2 Memperingati hari-hari besar keagamaan
3 Melaksanakan perbuatan amaliah sesuai dengan norma agama
4 Membina toleransi kehidupan antar umat beragama
5 Mengadakan kegiatan lomba yang bernuansa keagamaan
6 Mengembangkan dan memberdayakan kegiatan keagamaan di sekolah
II Pembinaan budi pekerti luhur atau akhlak mulia 1 Melaksanakan tata tertib dan kultur sekolah
2 Melaksanakan gotong royong dan kerja bakti (bakti sosial)
3 Melaksanakan norma-norma yang berlaku dan tatakrama pergaulan
4 Menumbuhkembangkan kesadaran untuk rela berkorban terhadap sesama
5 Menumbuhkembangkan sikap hormat dan menghargai warga sekolah
6 Melaksanakan kegiatan 7K (Keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, kedamaian dan kerindangan
III Pembinaan kepribadian unggul, wawasan kebangsaan, dan bela negara 1 Melaksanakan upacara bendera pada hari senin dan /atau hari sabtu, serta hari-hari besar nasional
2 Menyanyikan lagu-lagu nasional (Mars dan Hymne)
3 Melaksanakan kegiatan kepramukaan
4 Mengunjungi dan mempelajari tempat-tempat bernilai sejarah
5 Mempelajari dan meneruskan nilai-nilai luhur, kepeloporan, dan semangat perjuangan para pahlawan
6 Melaksanakan kegiatan bela negara
7 Menjaga dan menghormati simbol-simbol dan lambang-lambang negara; 
8 Melakukan pertukaran siswa antar daerah dan antar negara
IV Pembinaan prestasi akademik, seni, dan/atau olahraga sesuai bakat dan minat 1 Mengadakan lomba mata pelajaran/program keahlian
2 Menyelenggarakan kegiatan ilmiah; 
3 Mengikuti kegiatan workshop, seminar, diskusi panel yang bernuansa ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek)
4 Mengadakan studi banding dan kunjungan (studi wisata) ke tempat-tempat sumber belajar
5 Mendesain dan memproduksi media pemb
6 Mengadakan pameran karya inovatif dan hasil penelitian
7 Mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan sekolah
8 Membentuk klub sains, seni dan olahraga
9 Menyelenggarakan festival dan lomba seni; 
10 Menyelenggarakan lomba dan pertandingan olahraga.
V Pembinaan demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan hidup, kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural 1 Memantapkan dan mengembangkan peran siswa di dalam OSIS sesuai dengan tugasnya masing-masing
2 Melaksanakan latihan kepemimpinan siswa
3 Melaksanakan kegiatan dengan prinsip kejujuran, transparan, dan profesional
4 Melaksanakan kewajiban dan hak diri dan orang lain dalam pergaulan masyarakat
5 Melaksanakan kegiatan kelompok belajar, diskusi, debat dan pidato; 
6 Melaksanakan kegiatan orientasi siswa baru yang bersifat akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan
7 Melaksanakan penghijauan dan perindangan lingkungan sekolah
VI Pembinaan kreativitas, keterampilan dan kewirausahaan 1 Meningkatkan kreativitas dan keterampilan dalam menciptakan suatu barang menjadi lebih berguna
2 Meningkatkan kreativitas dan keterampilan di bidang barang dan jasa
3 Meningkatkan usaha koperasi siswa dan unit produkdsi; 
4 Melaksanakan praktek kerja nyata (PKN)/pengalaman kerja lapangan (PKL)/praktek kerja industri (Prakerim); 
5 Meningkatkan kemampuan keterampilan siswa melalui sertifikasi kompetensi siswa berkebutuhan khusus
VII Pembinaan kualitas jasmani, kesehatan dan gizi berbasis sumber gizi yang terdiversifikasi  1 Melaksanakan perilaku hidup bersih dan she
2 Melaksanakan usaha kesehatan sekolah (UKS); 
3 Melaksanakan pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (narkoba), minuman keras, merokok, dan HIV AIDS; 
4 Meningkatkan kesehatan reproduksi remaja
5 . Melaksanakan hidup aktif
6 Melakukan diversifikasi pangan
7 Melaksanakan pengamanan jajan anak sekolah
VIII Pembinaan sastra dan budaya 1 Mengembangkan wawasan dan keterampilan siswa di bidang sastra
2 Menyelenggarakan festival/lomba, sastra dan buday
3 Meningkatkan daya cipta sastra; 
4 Meningkatkan apresiasi budaya. 
IX Pembinaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) 1 Memanfaatkan TIK untuk memfasilitasi kegiatan pem-belajaran
2 Menjadikan TIK sebagai wahana kreativitas dan inovasi
3 Memanfaatkan TIK untuk meningkatkan integritas kebangsaan
X Pembinaan komunikasi dalam bahasa Inggris 1 Melaksanakan lomba debat dan pidato
2 Melaksanakan lomba menulis dan  korespodensi
3 Melaksanakan kegiatan English Day
4 Melaksanakan kegiatan bercerita dalam bahasa Inggris (Story Telling)
5 Melaksanakan lomba puzzies words/scrabble










Nama Peserta:

Tandatangan Peserta:










1…………………………………………………

1. ……………………………………………..










2…………………………………………………

2. ……………………………………………..










3. ……………………………………………….

3. ………………………………………………









1 komentar:

LDKP OSIS

LDKP OSIS
MEJENG BERSAMA PENGURUS BARU YANG AKAN DI GOJLOK

5 Tipe Karyawan di Kantor Kita

Monday, October 17, 2005

5 Tipe Karyawan di Kantor Kita

Pengklasifikasian karyawan dan pejabat kantor ini didekati dengan istilah hukum yang digunakan dalam agama Islam. Pendekatan ini samasekali bukan untuk mencampuradukkan atau merendahkan nilai istilah hukum tersebut, melainkan hanya sekedar guna mempermudah pemahaman kita karenamakna dari istilah hukum tersebut sangat sederhana dan akrab bagi kita. Mudah-mudahan bisa jadi cara yang praktis untuk mengukur dan menilai diri sendiri.
(Ide dasar ini diambil dari pendapat Emha Ainun Najib)
1. Karyawan / Pejabat "Wajib"
Tipe karyawan atau pejabat wajib ini memiliki ciri : keberadaannya sangat disukai, dibutuhkan, harus ada sehingga ketiadaannya sangat dirasakan kehilangan.
Dia sangat disukai karena pribadinya sangat mengesankan, wajahnya yang selalu bersih, cerah dengan senyum tulus yang dapat membahagiaan siapapun yang berjumpa dengannya.
Tutur katanya yang sopan tak pernah melukai siapapun yang mendengarnya, bahkan pembicaraannya sangat bijak, menjadi penyejuk bagi hati yang gersang, penuntun bagi yang tersesat, perintahnya tak dirasakan sebagai suruhan, orang merasa terhormat dan bahagia untuk memenuhi harapannya tanpa rasa tertekan.
Akhlaknya sangat mulia, membuat setiap orang meraskan bahagia dan senang dengankehadirannya, dia sangat menghargai hak-hak dan pendapat orang lain, setiap orang akan merasa aman dan nyaman serta mendapat manfaat dengan keberadaannya
2. Karyawan / Pejabat "Sunnah"
Ciri dari karyawan/pejabat tipe ini adalah : kehadiran dan keberadaannya memang menyenangkan, tapi ketiadaannya tidak terasa kehilangan.
Kelompok ini hampir mirip dengan sebagian yang telah diuraikan, berprestasi, etos kerjanya baik, pribadinya menyenangkan hanya saja ketika tiada, lingkungannya tidak merasa kehilangan, kenangannya tidak begitu mendalam.
Andai saja kelompok kedua ini lebih berilmu dan bertekad mempersembahkan yang terbaik dari kehidupannya dengan tulus dan sungguh-sungguh, niscaya dia akan naik peringkatnya ke golongan yang lebih atas, yang lebih utama.
3. Karyawan / Pejabat "Mubah"
Ciri khas karyawan atau pejabat tipe ini adalah : ada dan tiadanya sama saja.
Sungguh menyedihkan memang menjadi manusia mubadzir seperti ini, kehadirannya tak membawa arti apapun baik manfaat maupun mudharat, dan kepergiannya pun tak terasa kehilangan.
Karyawan tipe ini adalah orang yang tidak mempunyai motivasi, asal-asalan saja, asal kerja, asal ada, tidak memikirkan kualitas, prestasi, kemajuan, perbaikan dan hal produktiflainnya. Sehingga kehidupannya pun tidak menarik, datar-datar saja.
Sungguh menyedihkan memang jika hidup yang sekali-kalinya ini tak bermakna. Harus segera dipelajarilatar belakang dan penyebabnya, andaikata bisa dimotivasi dengan kursus, pelatihan, rotasi kerja, mudah-mudahan bisa meningkat semangatnya.
4. Karyawan / Pejabat "Makruh"
Ciri dari karyawan dan pejabat kelompok ini adalah : adanya menimbulkan masalah tiadanya tidak menjadi masalah.
Bila dia ada di kantor akan mengganggu kinerja dan suasana walaupun tidak sampai menimbulkan kerugian besar, setidaknya membuat suasana tidak nyaman dan kenyamanan kerjaserta kinerja yang baik dapat terwujud bila ia tidak ada.
Misalkan dari penampilan dan kebersihan badannya mengganggu, kalau bicara banyak kesia-siaan, kalau diberi tugas dan pekerjaan selain tidak tuntas, tidak memuaskan juga mengganggu kinerja karyawan lainnya.
5. Karyawan / Pejabat "Haram"
Ciri khas dari kelompok ini adalah : kehadirannya sangat merugikan dan ketiadaannya sangat diharapkan karena menguntungkan.
Orang tipe ini adalah manusia termalang dan terhina karena sangat dirindukan "ketiadaannya". Tentu saja semua ini adalah karena buah perilakunya sendiri, tiada perbuatan yang tidak kembali kepada dirinya sendiri.
Akhlaknya sangat buruk bagai penyakit kronis yang bisa menjalar. Sering memfinah, mengadu domba, suka membual, tidak amanah, serakah, tamak, sangat tidak disiplin, pekerjaannya tidak pernah jelas ujungnya, bukan menyelesaikan pekerjaan malah sebaliknya menjadi pembuat masalah. Pendek kata di adalah "trouble maker".
Silahkan anda renungkan, kita termasuk kategori yang mana...?
Semoga semua ini menjadi bahan renungan agar hidup yang hanya sekali ini kita bisa merobah diri dan mempersembahkan yang terbaik dan yang bermanfaat bagi dunia dan akhirat nanti. Jadilah manusia yang "wajib ada". Semoga!
Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info